Monday 9 August 2010

Serat Kalatidha



          KALATIDHA
          Raden Ngabehi Ranggawarsita

1.       Mangkya darajating praja
          kawuryan wus sunya-ruri
          rurah pangrehing ukara
          karana tanpa palupi.
          Ponang parameng-kawi
          kawileting tyas malatkung
          kongas kasudranira
          tidhem tandhaning dumadi.
          Hardayengrat dening karoban rubeda.

2.       Ratune ratu utama
          patihe patih linuwih
          pra nayaka tyas raharja
          panekare becik-becik
          parandene tan dadi
          paliyasing kalabendu
          Malah sangkin andadra
          rubeda kang ngreribedi.
          Beda-beda hardane wong sanagara.

3.       Katatangi tangisira
          sira sang parameng kawi
          kawileting tyas duhtita
          kataman ing reh wirangi
          dening upaya sandi
          sumaruna anarawang
          panglipur manuhara
          met pamrih melik pakolih
          temah suh-ha ing karsa tanpa weweka.

4.       Dhasar karoban pawarta
          babaratan ujar lamis
          pinudya dadya pangarsa
          wekasan malah kawuri.
          Yen pinikir sayekti
          pedah apa aneng ngayun
          andhedher kaluputan
          siniraman banyu lali.
          Lamun tuwuh dadi kekembanging beka.
5.       Ujaring Panitisastra
          awawarah asung peling
          ing jaman keneng musibat
          wong ambek jatmika kontit.
          Mangkono yen niteni.
          Pedah apa amituhu
          pawarta lalawora
          mundhak angroronta ati.
          Angur-baya ngiketa cariteng kuna.

6.       Keni kinarya darsana
          palimbang ala lan becik.
          Sayekti akeh kewala
          lalakon kang dadi tamsil
          masalahing ngaurip
          wahanira tinemu
          temahan anarima
          mupus papasthening takdir
          puluh-puluh anglakoni kaelokan.

7.       Amenangi jaman edan
          ewuh aya ing pambudi
          Melu edan nora tahan
          yen tan milu anglakoni
          boya kaduman melik
          kaliren wakasanipun.
          Dilalah kersa Allah
          begja-begjaning kang lali
          luwih begja kang eling lan waspada.

8.       Samono iku babasan 
          padu-paduning kapengin
          enggih makoten Man Doplang
          bener ingkang ngarani
          nanging sajroning batin
          sejatine nyamut-nyamut.
          Wis tuwa arep apa
          muhung mahasing ngasepi
          supayantuk parimamaning Hyang Suksma.

9.       Beda lan kang wus santosa
          kinarilan ing Hyang Widhi
          satiba malanganeya
          tan susah ngupaya kasil
          saking mangunah prapti
          Pangeran paring pitulung
          marga samaning titah
          rupa sabarang pikolih
          parandene masih taberi ikhtiyar.

10.     Sakadare linakonan
          mung tumindak mara ati
          angger tan dadi prakara
          karana wirayat muni
          ikhtiyar iku yekti
          pamilihe reh rahayu
          sinambi budi daya
          kanthi awas lawan eling
          kang kaesthi antuka parmaning Suksma.

11.     Ya Allah ya Rasulullah
          kang sipat murah lan asih
          mugi-mugi aparinga
          pitulung ingkang nartani
          ing alam awal akhir
          dumunung ing gesang ulun
          mangkya sampun awredha
          ing wekasan kadi pundi
          mila mugi wontena pitulung Tuwan.

12.     Sageda sabar santosa
          mati sajroning ngaurip
          kalis ing reh huru-hara
          murka angkara sumingkir
          tarlen meleng melatsih
          sanityaseng tyas mamatuh
          badharing sapudhendha
          antuk wajar sawatawis
          borong angga suwarga mesi martaya.
                  
Terjemahan dalam bahasa Indonesia kurang lebih sebagai berikut.

ZAMAN RUSAK
Raden Ngabehi Ranggawarsita

1.       Sekarang derajat negara
          terlihat telah suram
          pelaksanaan undang-undang sudah rusak
          karena tanpa teladan.
          Kini, Sang Pujangga
          hatinya diliputi rasa sedih, prihatin
          tampak jelas kehina-dinannya
          amat suram tanda-tanda kehidupan
          akibat kesukaran duniawi, bertubi-tubi kebanjiran bencana.

2.       Raja yang tengah berkuasa adalah raja utama
          perdana menterinya pun seorang yang terpilih
          para menteri juga bercita-cita menyejahterakan rakyat
          pegawai aparatnya pun baik-baik,
          meski demikian tidak menjadi
          penolak atas zaman terkutuk ini,
          malahan keadaan semakin menjadi-jadi
          berbagai rintangan yang mengganggu
          berbeda-beda perbuatan angkara orang seluruh negara.

3.       Daripada menangis sedih, bangkitlah
          wahai Sang Pujangga
          meski diliputi penuh duka cita
          mendapatkan rasa malu
          atas berbagai fitnahan orang.
          Mereka yang mendekatimu bergaul,
          menghibur, seolah membuat enak hatimu,
          padahal bermaksud memperoleh keuntungan,
          sehingga merusak cita-cita luhur, karena tanpa kehati-hatianmu.

4.       Dasarnya terbetik berbagai berita,
          kabar angin yang berujar munafik
          Sang Pujangga hendak diangkat menjadi pemuka,
          akhirnya malahan berada di belakang.
          Apabila dipikir-pikir dengan benar
          berfaedah apa berada di muka?
          Menanam benih-benih kesalahan
          disirami oleh air kelupaan
          apabila tumbuh berkembang menjadi kesukaran.

5.       Menurut buku Panitisastra
          memberi ajaran dan peringatan
          di dalam zaman yang penuh bencana
          bahwa orang berjiwa bijak justru kalah dan berada di belakang.
          Demikian apabila mau memperhatikan tanda-tanda zaman.
          Apakah gunanya kita percaya
          pada berita-berita kosong
          justru terasa semakin menyakitkan hati
          lebih baik menulis cerita-cerita kuna.

6.       Hal itu dapat digunakan sebagai teladan
          untuk membandingkan hal buruk dan baik.
          Tentunya banyak juga
          lakuan-lakuan yang menjadi contoh
          tentang masalah-masalah hidup
          hingga akhirnya ditemukannya,
          keadaan tawakal (narima),
          menyadari akan ketentuan takdir Tuhan,
          bagaimana pula hal ini mengalami keanehan.

7.       Menghadapi zaman edan
          keadaan menjadi serba sulit
          turut serta edan tidak tahan
          apabila tidak turut serta melakukan
          tidak mendapatkan bagian
          akhirnya menderita kelaparan.
          Sudah kehendak Tuhan Allah
          betapun bahagianya orang yang lupa
          lebih berbahagia mereka yang sadar dan waspada.

8.       Demikianlah perumpamaannya
          padahal mereka menginginkan,
          bukankah demikian Paman Doplang?
          Benar juga yang menyangkanya,
          namun di dalam batin
          sesungguhnya hal itu masih jauh.
          Sudah tua mau apalagi,
          sebaiknya menjauhkan diri dari keramaian duniawi
          supaya mendapatkan anugerah kasih Tuhan Yang Maha Esa.

9.       Berbeda bagi mereka yang telah teguh sentosa jiwanya
          dianugerahi Tuhan Yang Maha Esa
          betapapun tingkah laku perbuatannya
          tidak susah untuk mendapatkan penghasilan
          oleh karena dari datangnya pertolongan Tuhan
          Tuhan senantiasa memberi petunjuk dan pertolongan
          jalannya melalui sesama makhluk
          berupa segala sesuatu yang bermanfaat.
          Meskipun demikian, dia masih tetap tekun rajin berusaha.

10.     Sekadar menjalani hidup
          hanya semata bertindak mengenakan hati
          asalkan tidak menjadi suatu masalah
          dengan memperhatikan petuah orang tua
          bahwa ikhtiar itu sesungguhnya
          memilih jalan agar selamat
          sambil terus berusaha
          disertai dengan awas dan sadar
          yang bertujuan agar mendapatkan kasih anugerah Tuhan.

11.     Ya Allah, ya Rasulullah
          yang bersifat pemurah dan pengasih
          semoga berkenan melimpahkan
          pertolongan yang menyelamatkan
          di dunia hingga ke akhirat
          tempat hidup hamba
          padahal sekarang (hamba) sudah tua
          pada akhirnya nanti bagaimana (terserah),
          maka semoga ada pertolongan Tuhan.

12.     Semoga dapat sabar sentausa
          laksana mati di dalam hidup
          terbebas dari segala kerusuhan,
          angkara murka, tamak, loba menyingkir semua
          tiada lain karena berkonsentrasi diri memohon kasih Tuhan
          senantiasa melatih hatinya patuh
          agar dapat mengurungkan kutukan
          sehingga mendapatkan sinar terang sekadarnya
          berserah diri agar dapat masuk surga yang berisi keabadian.

(Teks asli bahasa Jawa diambil dari Bratakesawa (ed). 1959. Djangka Ranggawarsitan. Cetakan ketiga. Yogyakarta: Kulawarga Bratakesawa. Terjemahan bahasa Indonesia dilakukan oleh Puji Santosa. Naskah tentang Ranggawarsita ini telah  dalam Kakilangit 161/Mei 2010, halaman 1—13; Sisipan Majalah Sastra Horison Tahun XLIV, Nomor 5/2010. Mei 2010).

No comments:

Post a Comment

Pertemuan 15 Teori Sastra Tempatan